No comments yet

PENTINGNYA DESAIN PRODUK DALAM PERTARUNGAN PASAR

Yogyakarta, himkidiy.org – Sebenarnya, apa itu Desain Produk, dan mengapa hal tersebut menjadi penting? Dikutip dari lama kemenparekraf.go.id, secara harfiah desain produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis, tetapi tetap estetis, sehingga bernilai dan bermanfaat bagi konsumen.

Sebagian orang juga menyebut desain produk sebagai proses penggabungan fungsi dan estetika yang memiliki nilai tambah tinggi. Sehingga tak heran kalau saat ini desain produk turut memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dari sebuah bisnis.

Pasalnya, di era globalisasi dan kemajuan ekonomi kreatif saat ini, pertarungan dalam pasar semakin tajam. Tidak lagi sebatas pada keunggulan kualitas atau teknologi saja. Namun juga dari sisi emotional benefit bagi para konsumen.

Sebagian besar konsumen memiliki kecenderungan untuk mengapresiasi produk yang berkualitas dari sisi value maupun kemasan. Salah satu usaha untuk menarik perhatian konsumen adalah menciptakan desain produk yang unik dan menarik.

Dengan desain produk yang bagus, akan memengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk. Itulah mengapa desain produk menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang cukup penting.

Namun dalam membuat sebuah desain, pemilik merek tidak bisa asal. Desain produk harus disesuaikan dengan target pasar yang dibidik. Sebab setiap klasifikasi konsumen memiliki karakteristik tersendiri, mulai dari pemilihan warna, grafis, ilustrasi hingga tata letak desain. Untuk itu perlu tangan-tangan kreatif yang memahami mengenai subsektor desain produk dalam eksekusinya.

Selain karena persaingan membuat produk eye-catching bagi konsumen semakin tinggi. Pandemi juga memaksa semua orang untuk beralih ke ranah digital. Desain produk semakin diperlukan untuk memunculkan kesan unik dan identik agar dapat bersaing di media sosial.

Tujuan Desain Produk bagi Pengembangan Bisnis:
• Adanya hasil sebuah produk berkualitas yang memiliki nilai jual tinggi
• Menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan menghasilkan produk yang sedang tren pada masanya.
• Pembuat sebuah produk yang ekonomis tanpa mengurangi kualitas serta nilai jual dan manfaat yang dihasilkan sebuah produk
• Untuk meningkatkan pangsa pasar serta melakukan target kepada segmen pasar yang baru.

Desain Produk dapat Berfungsi sebagai:
• Menjadikan konsumen puas akan pelayanan
• Faktor penentuan sebuah kesuksesan produk
• Meningkatkan penjualan
• Desain pada produk meningkatkan kualitas perusahaan
• Peningkatan dalam pengembangan bisnis

Jenis-Jenis Desain Produk
• Membuat desain produk yang benar-benar baru dengan menciptakan sebuah ide yang berbeda dan baru yang belum pernah ada sebelumnya.
• Melakukan modifikasi desain pada produk yang sudah ada.

Bagaimana Menciptakan Desain yang Menarik?
• Inovatif
• Tidak hanya terpaku pada desain untuk tampilan yang bagus, namun juga upayakan agar desain produk memiliki kemanfaatan
• Desain produk dengan nuansa keindahan (estetika)
• Desain produk mudah dipahami oleh konsumen dan tidak rumit
• Desain produk yang diciptakan menggunakan bahan-bahan yang tidak merusak lingkungan dan dapat didaur ulang
• Desain yang bagus dan memecahkan masalah, sehingga dapat digunakan baik untuk menjalani fungsi utamanya dan juga fungsi tambahannya (fungsional)
• Fokus pada detail

HOME DECOR TRENDS IN 2022

Curve Furniture

Sumber: mydomaine.com

Ditahun 2022 ini, desain straight-lined minimalis mulai beralih menjadi curve furniture dan sculptural (furnitur berbentuk bulat atau melengkung) yang lebih nyaman. Konsumen saat ini lebih mencari sesuatu yang nyaman, bersama dengan hal-hal yang menyenangkan, keren, dan mencolok yang membuat ruangan terlihat lebih menarik dan mudah diingat.

Pet Friendly Furnishings

Tahun 2022 ini, banyak konsumen yang ingin merawat hewan peliharaan mereka, tetapi dengan cara yang tidak mengganggu dekorasi mereka. Hewan peliharaan adalah bagian dari keluarga, dan sekarang mudah untuk memberi mereka sesuatu yang nyaman untuk bersantai yang juga bergaya.

Sophisticated Studies

Sejak masa pandemi dimulai, pekerjaan kantor dilakukan dirumah atau biasa disebut dengan WFH (Work From Home). Diawal-awal masa pandemi, tentu saja banyak para pemilik rumah mengubah secara sembarangan tatanan rumahnya hanya supaya mereka memiliki tempat tersendiri untuk bekerja.

Hingga saat ini pekerjaan kantor masih dilakukan dirumah, dan semakin banyak konsumen membutuhkan rumah yang juga berfungsi sebagai ruang kerja. Misalnya dengan memberikan sekat antara ruang kerja dan kamar tidur yang berada di ruangan yang sama. Atau juga dengan menggunakan kamar tidur cadangan yang diubah menjadi ruang kantor. Furniture dan dekorasi rumah yang nyaman diperlukan dalam ruangan kerja tersebut supaya tidak bosan dan merasa monoton bekerja di dalam rumah.

Earthy Toches

Dampak pandemi Covid-19 yang membuat kita harus berada dirumah saja, terkadang membuat kita merasa terkurung di dalam rumah. Kita dapat menggunakan warna hijau dan coklat yang membuat kita merasa tenang di dalam ruangan. Cobalah membuat desain dengan berbagai cetakan atau menggabungkan beberapa tekstur dengan unsur eath, sehingga hasil akhir yang didapatkan membuat para konsumen akan merasa sangat nyaman.

Beberapa hal tersebut diatas adalah beberapa tren yang ada di tahun 2022 ini. Intinya adalah, buatlah desain produk yang membuat para konsumen merasa nyaman, dan senang menggunakan produk tersebut. Apalagi produk yang memiliki fungsi ganda selain dari fungsi utamanya. Ditambah lagi dengan mulai banyak yang memelihara hewan peliharaan, pastikan desain produk yang dibuat tetap aman jika berada di ruangan yang sama dengan hewan peliharaan tersebut.

Sumber referensi:

IR

Post a comment